Permainan Futsal Lebih Akurat Dengan Papan Skor Digital Futsal


Futsal adalah permainan bola di ruangan (indoor), yang dimainkan oleh dua tim semasing terdiri dari lima orang menggunakan teknik manipulasi bola dengan kaki dan anggota tubuh lain bukan sekedar tangan dengan arah memasukkan bola ke gawang lawan.
Futsal dibikin oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930. Makna futsal hadir dari kata futebol de salao (bahasa Portugis) atau futbol sala (bahasa Spanyol) yang bermakna Sepakbola dalam ruangan.
Futsal adalah olahraga permainan yang hampir sama dengan permainan sepakbola dimana dua tim mainkan dan memperebutkan bola di antara beberapa pemain dengan arah dapat memasukkan bola ke gawang lawan dan jaga gawang dari kemasukan bola. Juara adalah tim (regu) yang memasukkan bola ke gawang lawan semakin beberapa dari kemasukan bola di gawang sendiri.

Ketetapan Permainan Futsal

Baca Juga Papan Skor Digital Tenis Lapangan 
Baca Juga Papan Skor Digital Badminton / Bulutangkis
Ketetapan permainan futsal adalah sebagai berikut:
· Banyaknya pemain untuk memulai pertandingan maksimal 5 pemain dengan salah satu penjaga gawang.
· Banyaknya pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan adalah dua pemain dengan salah satu penjaga gawang.
· Banyaknya pemain cadangan maksimal 7 orang.
· Banyaknya wasit 2 orang.
· Batas perkembangan pemain: tidak terbatas.
· Langkah perkembangan perubahan melayang, yaitu semua pemain kecuali penjaga gawang dapat masuk dan meninggalkan lapangan setiap waktu; perkembangan penjaga gawang hanya dapat ditangani jika bola tidak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit.
· Lama permainan normal 2 x 20 menit.
· Lama istirahat 10 menit.
· Lama waktu perpanjangan 2 x 10 menit.
· Ditangani dua penalti jika banyaknya gol ke-2 tim imbang saat waktu perpanjangan selesai.
· Time-out 1 kali per tim per set, tidak ada di waktu menambahkan.
· Waktu perkembangan set maksimal 10 menit.
Arah permainan futsal adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Bukan sekedar lima pemain utama, setiap regu dibolehkan memiliki pemain cadangan.
Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Ketetapan Penentuan Gol

Baca Juga Papan Skor Digital Tenis Lapangan 
Baca Juga Papan Skor Digital Badminton / Bulutangkis
Ada beberapa hal yang penting untuk didapati terkait dengan ketetapan futsal tentang bagaimana langkah untuk pastikan gol satu bola apa sudah dilihat masuk (Goal) atau belum dalam permainan.
Lebih bikin seseorang wasit harus benar — benar pahami kriterianya bagaimana ciri — ciri tempat bola yang disebutkan telah masuk atau gol dan tidaknya waktu berada di sekitar garis gawang sesuai dengan ketentuan yang tertera pada ketetapan pertandingan futsal.
Satu bola dilihat gol dan disebutkan sah oleh wasit jika semua bagian dari bola futsal telah lewat garis gawang yang ada di antara dua tiang dan di bawah mistar gawang.
Selain itu pemain dari salah satu tim yang membuat gol tidak kerjakan pelanggaran awalannya.
Satu gol yang disebutkan tidak sah jika pemain keeper atau penjaga gawang dari salah satu tim melempar bola futsal ke arah depan dengan tangan atau lengannya dari daerah pinaltinya sendiri ke gawang lawan tanpa sentuh salah seseorang pemain satupun. Permainan futsal dimulai kembali dengan pembersihan gawang untuk tim lawan.

Penghitungan Nilai Skor Gol Tandang

Langkah pastikan siapa tim juara pertandingan dengan menghitung perolehan skor gol tandang ini harus ditangani sesuai dengan ketetapan kompetisi yang berlaku dimana waktu berjalan hasil imbang setelah mainkan pertandingan kandang dan tandang antar ke-2 tim jadi langkah menghitung skornya dengan memberikan nilai atau poin dobel dari setiap gol yang sukses dibikin oleh tim pada laga tandang.
Langkah perhitungan poin dalam kompetisinya dengan langkah menghitung beda golnya, sampai waktu hasilnya dihitung akan keluar satu tim menjadi juara pertandingan karena lebih unggul atau menang agregat dari perhitungan beda gol laga tandang.
Jadi contoh, misalnya ada 2 tim yang sedang mainkan pertandingan kandang dan tandang dan hasilnya sebagai berikut:
· Pada pertemuan pertama tim A mainkan pertandingan tandang dan menang 2–0 atas tim B yang mainkan pertandingan kandangnya.
· Di pertemuan ke-2 tim B lalui pertandingan tandangnya dan menang 3–1 atas tim A yang lalui laga kandang.
· Jadi hasil pertandingan tim A melawan tim B usai dengan urutan sama kuat atau imbang yaitu 3–3
· Untuk pastikan siapa yang keluar jadi pemenangnya jadi ditangani tindakan dengan menghitung dobel setiap gol tandang yang sukses di bikin
· Sampai untuk tim A gol tandangnya seputar 2x2= 4 ditambah gol kandang 1 jadi keseluruhnya skor nilainya 5
· Sedang tim B walaupun pada laga kandang tidak ada gol yang tercipta tapi di laga tandang justru bisa bikin 3 gol ke gawang tim A jadi nilai skornya 3x2=6
· Jadi nilai skor selanjutnya untuk tim A adalah 5 dan tim B seputar 6 sampai yang punya hak keluar jadi pemenangnya adalah tim B dengan unggul agregat dari tim A

Papan Skor Digital Futsal

Untuk papan skor digital futsal sangatlah terjamin keakuratan dari penghitungan untuk skoring olahraga permainan ini. Hingga beberapa pemain serta pelaksana olahraga permainan ini sangatlah dimudahkan dari bagian skoring nya.
Dengan detail papan skor digital futsal sebagai berikut.
Spesifikasi:
· Warna: Merah, Hijau, Kuning.
· Dimensi : 150cm x 110cm.
· Material : Almunium + Panel Akrilik.
· Pengendali: Smartphone Android /Iphone /PC/Laptop via WiFi, Remote Scoreboard (dijual terpisah).
· Tambahan: Alarm 12v suara sangat keras.
· Tegangan kerja: 220v 50Hz.
· IP Rating: IP65

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Scoreboard Basket Menjadi Perlengkapan Utama dalam Olahraga Ini

Fungsi Matras Senam Saat Berolahraga

Teknik Lompat Tinggi